Panduan Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

CARA BELAJAR BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA

Anda pemula? Ingin memulai bisnis online yang menghasilkan? Atau sudah mulai bisnis online tapi belum menghasilkan? Sudah belajar tetapi tidak bisa-bisa juga?
Mungkin cara belajar Anda salah.
Namun sebelum saya menjelaskan Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula yang benar, sebelumnya perlu dipastikan Anda memasuki bisnis yang benar. Jangan terjebak money yang mengaku bisnis online. Money game bukan bisnis. Jika Anda belajar cara menjalankan money game, artinya Anda bukan belajar bisnis. Anda tidak akan pernah bisa bisnis.

Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula Ada Tahapannya

Saya akan bagikan rahasia menjadi jago bisnis online. Ada beberapa tahap yang harus diikuti. Sementara banyak pebisnis pemula yang melewatkannya.
Misalnya, jika Anda masih tahapan SD, kemudian Anda diajari ilmu SMP atau SMA apalagi perguruan tinggi, maka Anda tidak akan bisa-bisa kecuali Anda super jenius. Untuk ukuran orang biasa, semua harus dilakukan secara bertahap.
Mungkin ada yang pernah beli ebook, video, atau mengikuti workshop bisnis online, tapi setelah itu masih bingung. Bisa jadi, salah satu penyebabnya karena Anda melewatkan pelajaran dasar.
Contohnya, Anda tidak akan bisa menguasai matematika SMP jika perkalian saja belum bisa. Saat saya menjadi guru privat matematika SMP atau SMA, saya sering menemukan kasus seperti ini. Banyak siswa yang kesulitan di kelas 2 atau 3 karena pelajaran kelas 1 dia belum menguasainya.
Begitu juga dengan belajar bisnis. Mulai dari dasar, kemudian secara bertahap naik kelas. Jangan langsung berharap ilmu membuat mobil, jika fisika dasar saja masih bingung. Jangan berharap ilmu jitu penghasil milyaran jika ilmu dasar bisnis masih belum menguasainya.
Contoh nyata dalam bisnis online. Adalah percuma saya ajarkan SEO jika membuat blog post saja tidak bisa. Bagaimana bisa membuat blog, jika membuat email saja tidak bisa? Yang lebih parah, ngetik saja nggak bisa. Haduh …
Jika Anda sudah merasa lama belajar bisnis online, tapi tidak bisa-bisa atau belum menghasilkan, mungkin Anda perlu back to basic.

Cara Belajar Bisnis Online Tahap 1

Tahukah Anda, banyak orang yang melewatkan ini. Jika Anda termasuk yang TIDAK MELEWATKAN, Anda sudah memiliki keunggulan dibanding kebanyakan pebisnis pemula.
Tahap pertama jika Anda ingin sukses bisnis, termasuk bisnis online adalah belajar membentuk mindset seorang pebisnis. Ya, tahap pertama itu tentang mindset.
Ada banyak mindset yang perlu Anda pelajari, tapi jika saya sebutkan satu yang paling penting, maka Anda harus belajar memiliki mental “pantang menyerah”. Anda perlu kreatif dan inovatif. Anda perlu bermental juara. Anda perlu percaya diri. Anda juga perlu memiliki mental seorang leader. Tapi, minimal yang harus pertama Anda fahami dan kuasai adalah: PANTANG MENYERAH.
Pebisnis yang gagal itu cuma 1 alasannya: menyerah. Jika Anda sudah memiliki mental pantang menyerah, rahasia sukses sudah Anda pegang.
Dua kunci yang harus Anda pegang agar Anda memiliki mental pantang menyerah adalah:
  1. Yakinlah, selalu ada jalan. Jika Anda merasa buntu, yakinlah bukan tidak ada jalan, tetapi Anda belum mengetahuinya.
  2. Pegang prinsip ini: jika tidak bisa, maka pelajari. Jika tidak punya, maka carilah.

Tahap 2 Adalah Memahami Hal Ini

Kesalahan kedua para pebisnis pemula adalah ingin praktis. Langsung kerjakan, langsung contek, dan langsung menghasilkan. Iya tentu saja. Anda harus PRAKTEK.
Tapi akhirnya banyak yang mentok, selanjutnya bingung.
Contohnya, banyak orang yang langsung membeli tool dan ebook praktis, tapi dia bingung bagaimana menjalankannya. Kenapa? Karena dia tidak memahami konsep bisnis.
Fahamilah bahwa bisnis itu adalah MENJUAL. Jika Anda tidak mau menjual, jangan bisnis. Kalau ada bisnis yang ngaku tidak perlu jualan, jangan percaya. Buktinya dia sedang jualan bisnisnya kepada Anda.
Bisnis itu selalu menjual. Ini konsep dasar bisnis. Artinya Anda harus memahami ilmu menjual jika ingin bisnis. Pelajari ilmu menjual, secara umum kuasai juga ilmu pemasaran.
Menjual itu pada prakteknya akan berbeda-beda. Tergantung model bisnisnya. Anda harus memahami konsep model bisnis Anda, bagaimana cara menghasilkan uangnya.
Intinya adalah, sebelum mempelajari hal teknis, fahami dulu konsep dan garis besar bisnis Anda.

Tahap 3 Pelajari Dasar-dasar Internet

Jika Anda mau bisnis online, Anda harus mengerti dunia online. Harus mengetahui tentang internet. Saya katakan dasar-dasarnya saja, cukup hal praktis bagaimana orang menggunakan internet. Dunia online sangat berkembang pesat, jika kita tidak mengikutinya, kita akan tertinggal.
Apa itu website? Apa bedanya dengan blog, toko online?
Apa itu social media? Apa saja?
Apa yang disebut web 2.0? Apa saja?
Apa itu aplikasi chat? Apa saja?
Apa itu email?
Apa itu Android?
dan sebagainya …
Cukup dasarnya saja.
Nah, untuk mempalajari hal-hal dasar, Anda tidak perlu guru. Tidak perlu banyak bertanya kepada ahli. Cukup buka Google dan cari. Bahkan banyak juga tutorial seperti cara membuat blog, cara membuat email, dan sebagainya.
Pelajari dulu. Jangan sampai Anda sudah belajar SEO dan copywriting, tapi membuat blog saja nggak bisa, bahkan nggak ngerti apa itu blog.

Tahap 4 Pelajari Dasar-dasar Menjual

Ah .. tidak mau jualan … !
Ya sudah … tidak usah bisnis.
Memang ada bisnis online yang tidak langsung menjual berhadapan dengan orang. Contohnya bisnis Google Adsense. Jika yang Anda maksud ini, sebenarnya tetap menjual lho!
Apa pun bisnisnya, kuncinya agar laku adalah mendatangkan banyak pengunjung atau calon pembeli. Baik toko online maupun Google Adsense.
Nah, agar website atau social media kita banyak pengunjung, artinya harus ada yang menarik mereka datang ke website/social media kita. Ini adalah menjual.
Menjual itu termasuk:
  • menjual agar website kita dikunjungi
  • menjual agar produk atau jasa kita dibeli
Mendatangkan kunjungan baru tahap pertama menjual. Tahap selanjutnya adalah bagaimana agar mereka mau membeli produk kita.
Sudah banyak ilmu selling yang bisa Anda pelajari baik melalui buku, ebook, video, seminar, atau pelatihan. Investasilah di ilmu menjual, karena ini sangat penting.

Tahap 5 Pelajari SATU Dulu

Salah satu penyebab kegagalan pebisnis pemula karena dia tidak fokus. Setiap ada yang menawarkan metode baru, tool baru, peluang baru, dan sesuatu yang baru dia langsung ikuti. Akhirnya jadi bingung, selalu mulai dari nol.
Saran saya, fokus saja pada satu hal. Nanti bisa dikembangkan lagi.
  1. Fokus pada SATU metode pemasaran, apakah mau blogging, SEO, facebook marketing, facebook ads, twitter, instagram, line, dan sebagainya.
  2. Fokus pada SATU produk atau jasa dulu. Kuasai apa manfaat dan fungsi produk/jasa Anda. Bagaimana cara menjualanya. Jika sudah dikuasi, boleh nambah produk lainnya.
  3. Fokus pada SATU bisnis dulu.
Saya tidak melarang mempelajari banyak metode. Saya juga tidak melarang menjual banyak produk dan jasa. Tapi lakukan SATU SATU, jangan sekaligus. Pusing!

Tahap 6 Mulailah Praktek Meski Belum Sempurna

Ada dua kesalahan yang sering juga terjadi:
  1. Belajar melulu tanpa praktek (nunggu sempurna)
  2. Praktek melulu tanpa belajar (katanya yang penting action)
Yang bener adalah belajar kemudan praktek.
Caranya begini:
  1. Pelajari dulu konsep dasarnya
  2. Pelajari detilnya sambil praktek
  3. Lihat hasilnya
  4. Perbaiki, belajar lagi jika perlu.
Konsisten melakukan 4 hal ini, Anda akan segera jadi mastah (baca master).
Nggak berhasil juga? Menyerah?
Ingat … Anda harus pantang menyerah. Kemampuan itu tidak akan langsung bisa. Pengetahuan bisa saja langsung bisa kita miliki, tapi kemampuan tidak bisa. Harus melalui praktek, percobaan, dan mungkin latihan serta membutuhkan waktu sampai Anda mahir.

HARUSKAH PUNYA MENTOR BISNIS ONLINE?

Tidak harus. Banyak lho yang berhasil tanpa mentor.
Punya mentor bisnis manfaatnya supaya Anda lebih cepat, lebih terarah, dan peluang gagalnya lebih kecil. Tetap saja bisa gagal, tapi lebih kecil resikonya. Analoginya seperti Anda mengendarai mobil di gunung yang banyak jurang dan Anda belum mengenalnya, maka kehadiran pendamping atau mentor yang sudah mengenal dan berpengalaman akan sangat membantu Anda terhindar dari kecelakaan.
Saya memulai bisnis online tanpa mentor. Tapi jika seandainya ada mesin waktu dan kembali ke masa lalu, saya akan cari mentor. Ups, berandai-andai seperti ini tidak boleh. Maksudnya saya hanya ingin menekankan bahwa memiliki mentor itu penting.
Saya menyebut mentor secara umum, termasuk coach.
Bagaimana caranya punya mentor?
  1. Anda bisa membayarnya. Banyak mentor atau personal coach yang siap membantu Anda dengan fee tertentu. (termasuk saya … promo dikit, he he).
  2. Anda bisa meminta teman, sahabat, atau saudara yang sudah berhasil menjadi mentor Anda. Jangan memaksa ya, hasilnya tidak akan optimal. Apalagi Anda memaksa orang baru kenal jadi mentor Anda.
  3. Ikut program bisnis yang memang ada program bimbingan didalamnya. Salah satunya HPA Sukses ini, lihat penjelasannya di halaman depan. Cara ini paling murah dan paling gampang, karena keberhasilan Anda adalah keberhasilan pengelolanya.
Tapi itu semua pilihan, apakah Anda mau punya mentor atau tidak. Anda juga bisa memilih mendapatkan mentor dengan cara yang mana.
OK, inilah gambaran Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula, semoga bermanfaat

sumber : www.hpa-sukses.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Bisa Dikerjakan Dari Rumah

PELUANG BISNIS 2017